how to

6 Tips memulai bisnis Jasa Copywriting dari nol.

Memulai Bisnis Copywriting Mulai dari nol ya. kerasa akrab banget dengan ungkapannya. Cobalah riset kecil-kecilan, maka anda akan menemukan bahwa salah satu...

Written by Mr. Koopi · 6 min read >
Memulai bisnis Copywriting

Memulai Bisnis Copywriting

Mulai dari nol ya. kerasa akrab banget dengan ungkapannya.

Cobalah riset kecil-kecilan, maka anda akan menemukan bahwa salah satu model bisnis yang cukup banyak peminatnya adalah penulis konten, termasuk disini Copywriting.

Hal ini sebenarnya sejalan dengan pertumbuhan pasar global.

Ditambah lagi situasi terbaru pada tahun 2020 ini, yakni Pandemi Covid 19. Ini mempercepat migrasi banyak bisnis ke online.

Semakin banyak yang pindah dari off-line ke online, tentu saja membuat pasar online menjadi penuh sesak. Persaingan semakin ketat dan berubah menjadi red ocean.

Untuk menghadapi kondisi pasar seperti ini, maka dibutuhkan banyak pendekatan modern terhadap bisnis online, salah satunya adalah dengan copywriting.

Jika anda adalah seorang copywriting, anda sedang dicari-cari banyak perusahaan didunia. Dan mungkin anda benar-benar sedang beruntung.

Untuk teman-teman lain yang ingin memulai bisnis ini, ada kabar baik yang penting untuk diketahui. Ia adalah biaya yang dibutuhkan untuk memulai sangat rendah.

Bahkan lebih baik – Anda dapat menjalankannya secara paruh waktu.

Sebenarnya anda bisa memilihnya sebagai salah satu usaha sampingan, walaupun juga sangat baik jika dijadikan sebagai usaha fulltime.

Modal utama yang harus anda siapkan hanyalah komputer, internet dan skill copywriting.

Itu saja sudah lebih dari cukup.

Agar mudah dan kepraktisan yang ditawarkan oleh  bisnis online tidak menipu anda, maka kami ingin berbagi beberapa hal yang perlu anda siapkan untuk memulai bisnis copywriting ini.

Tentu saja dengan harapan anda tidak tersesat dan bisa memulainya dengan baik.

Baik, mari kita bahas sama-sama.

1. Mengasah keterampilan Copywriting.

Kami yakin, saat kepikiran untuk memulai bisnis copywriting. Pasti anda sudah tahu dan pernah melakukan ini sebelumnya.

Tapi ingat, jangan puas dulu dengan skill copywriting yang anda.

Jika anda ingin terus tumbuh dan berkembang, maka anda tidak punya pilihan lain selain mengasah keterampilan copywriting menjadi lebih baik lagi.

Selain penting untuk diasah, anda juga harus memiliiki kemampuan adaptasi yang bagus terhadap perilaku pasar dan teknologi terbaru.

Jika ada orang yang gagal mendapatkan uang, sebenarnya bukan masalah uang. Tapi karena kurangnya skill yang mereka miliki.

Itulah mengapa anda harus terus meningkatkan keterampilan menulis dan sekaligus copywriting secara terus menerus.

Untuk anda yang ingin belajar SEO Copywriting, anda bisa mengunjungi Kaffah Academy.

2. Temukan Niche

Ya, jika anda baru mulai lebih baik mulai dengan menargetkan niche tertentu. Ini jauh lebih rasional bagi anda.

Sembari mengumpulkan portfolio klien copywriting,  anda bisa mengembangkan pasar ke niche lain. Tapi, diawal mulailah dengan satu niche.

Anda mungkin ingin berspesialisasi dalam bidang copywriting tertentu seperti iklan Facebook, konten website, salinan pemasaran email, dan banyak lagi. Atau mungkin Anda lebih suka menulis buletin? Katalog? Apapun jenis yang Anda pilih, pastikan itu yang Anda sukai dan kuasai.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mempersempit adalah memilih industri atau bidang tertentu yang Anda minati. Adakah sesuatu yang benar-benar Anda sukai untuk dipelajari dan dibaca?

Apakah Anda menikmati blog dan situs web bisnis? Mungkin Anda bersemangat tentang pengembangan diri?

Atau pembinaan dan konsultasi? Jika Anda memilih bidang yang Anda terinspirasi, itu akan terasa dalam tulisan Anda dan salinan Anda akan jauh lebih baik.

Tempatkan diri Anda sebagai sumber copywriting terbaik untuk pasar tertentu. Ini adalah cara Anda memposisikan diri Anda sebagai ahli dan menetapkan persyaratan Anda sendiri.

Memilih jenis salinan dan industri memungkinkan Anda memposisikan diri sebagai ahli .

Anda bisa menjadi ahli masuk untuk buletin email di industri kebugaran untuk wanita yang ingin menurunkan berat badan. Itu sangat spesifik. Jika Anda memposisikan diri sebagai ahli, Anda juga akan dapat mengenakan biaya lebih untuk pekerjaan Anda.

3. Buat dan kembangkan rencana bisnis

Nah, meski bisnis copywriting relatif mudah dan murah untuk dimulai, Anda harus memiliki rencana bisnis yang baik.

Ini akan memungkinkan Anda membangun bisnis yang kuat dengan banyak peluang untuk berkembang. Menuliskan rencana Anda akan membuat Anda tetap fokus pada tujuan Anda.

Berikut adalah beberapa pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan saat Anda membuat rencana bisnis:

  • Berapa biaya awal untuk bisnis Anda?
  • Berapa biaya yang akan dikeluarkan?
  • Apakah Anda memiliki target pasar?
  • Apakah Anda lebih suka mengenakan tarif per jam, per kata, atau per proyek?
  • Berapa tarif Anda?
  • Apakah Anda punya nama untuk bisnis Anda?
  • Apa pendekatan pemasaran utama Anda?
  • Apa kekuatanmu? Kerentanan?
  • Siapa yang mempersembahkan kompetisi untuk Anda?

Cobalah untuk berpikir di luar tahap awal. Mungkin untuk saat ini Anda bekerja sendiri, tetapi bagaimana jika Anda membutuhkan bantuan?

Mempekerjakan staf akan meningkatkan biaya Anda secara dramatis, dan Anda perlu mempertimbangkan biaya untuk mempekerjakan mereka juga. Jika Anda mempekerjakan copywriter atau asisten lain, ingatlah bahwa Anda juga perlu menyiapkan sistem penggajian.

Tetapi pertanyaan yang paling penting mungkin – siapa klien yang Anda inginkan? Klien ideal untuk bisnis copywriting biasanya adalah klien korporat besar.

Mereka mampu membayar penulis profesional atau tim penulis, jadi bayarannya umumnya lebih baik. Klien yang lebih besar juga cenderung memiliki proyek dan tugas yang sedang berlangsung atau reguler. Ini berarti sumber penghasilan Anda lebih stabil.

Mungkin bijaksana untuk menghindari klien yang lebih kecil dan yang tidak memiliki anggaran untuk proyek..

3. Buat Portofolio

Baik Anda pernah bekerja sebagai copywriter sebelumnya atau baru memulai, Anda pasti ingin membangun portofolio yang kuat. Kumpulkan sampel yang menunjukkan bakat Anda dan tunjukkan berbagai media, industri, dan klien yang ingin Anda tulis.

Jika Anda tidak memiliki sampel pekerjaan Anda yang tersedia, Anda dapat mendaftar untuk platform seperti Upwork atau Fiverr . Setelah mendapatkan beberapa klien melalui platform ini, Anda akan memiliki pekerjaan yang solid untuk dibagikan.

Anda juga dapat memilih klien ideal Anda dan menulis beberapa contoh salinan untuk mereka. Ingat, ini bukan tentang berapa banyak klien yang Anda miliki – ini tentang nilai dan kualitas pekerjaan yang dapat Anda berikan.

Setelah Anda memilih semua contoh tulisan Anda, Anda memerlukan tempat untuk menampilkannya. Apakah Anda memiliki situs web? Anda dapat menggunakan template portofolio dari WordPress , Wix atau SquareSpace , atau menyewa pengembang web untuk membuatkan situs khusus untuk Anda.

4. Ciptakan Brand

Apa nada dan gaya bisnis Anda? Ini mungkin bukan tentang apa yang Anda sukai, melainkan tentang apa yang menurut klien ideal Anda mungkin menarik. Adakah gaya, warna, desain tertentu yang penting dan dapat dikenali untuk ceruk pasar Anda? Merek yang kuat akan membedakan Anda dari pesaing dan memberikan bisnis Anda kepribadian yang dapat dihubungkan dengan klien.

copywriting skill

Pikirkan juga tentang logo dan palet warna Anda. Apakah Anda menargetkan pelatih wanita? Atau mungkin pelatih kebugaran pria? Apa palet warna dan energi yang Anda ingin agar situs web / portofolio Anda berikan?

Kebanyakan orang terjebak pada merek bisnis dan lupa bahwa merek pribadi mereka terkadang lebih penting. Ingat – Anda mewakili bisnis Anda juga.

Setelah Anda memiliki strategi dan materi branding yang jelas, Anda dapat menggunakannya di semua materi pemasaran Anda, termasuk situs web Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk perlahan-lahan menciptakan rasa keakraban pada pengikut Anda.

Konsistensi merek memungkinkan Anda untuk memasang kepercayaan pada mereka yang mengikuti Anda juga dan dengan mudah mengubah pengikut menjadi klien.

5. Sebarkan Beritanya

Apa yang harus dilakukan setelah Anda memilih ceruk dan menyiapkan portofolio dan situs web Anda? Nah, untuk menjalankan bisnis copywriting yang sukses, Anda perlu meyakinkan klien untuk mempekerjakan Anda.

Salah satu tempat terbaik untuk memulai adalah jaringan Anda sendiri. Anda dapat memulai kampanye email dan berbagi berita tentang bisnis dan layanan baru Anda dengan seluruh jaringan Anda.

Pertimbangkan untuk menggunakan alat email untuk menjalankan kampanye Anda. Alat seperti Foobar , Magic Action Box , dan Bounce Exchange dapat digunakan untuk membuat milis. Semuanya terintegrasi dengan baik dengan Mail Chimp, yang sangat bagus untuk kampanye email dan buletin.

Kirim email ke semua klien potensial dan perusahaan yang ingin Anda ajak kerja sama. Pitch email dan surat harus memperkenalkan Anda dan layanan Anda. Mereka juga harus menawarkan alasan yang baik bagi calon klien untuk menyewa profesional copywriting seperti Anda.

Saat mengirim promosi online, pastikan untuk menautkan situs web Anda dan portofolio pekerjaan yang relevan.

Anda juga dapat menjelajahi situs web dengan peluang kerja copywriting seperti pekerjaan Guardian , Journalism.co.uk , Indeed , Brand Republic , dan SimplyHired . Kirim lamaran dan surat perkenalan ke semua klien dan perusahaan potensial di radar Anda.

Pastikan untuk menindaklanjuti dengan email lain dan panggilan telepon untuk menjawab pertanyaan apa pun.

Jangan lupa untuk menggunakan profil jejaring sosial Anda dan LinkedIn. Pastikan Anda memiliki halaman LinkedIn yang bagus sehingga Anda dapat membagikan pekerjaan Anda dan menulis di sana juga. Penting untuk tetap terbuka terhadap peluang dan terhubung dengan sebanyak mungkin orang.

Jangan malu untuk menghubungi klien, kolega, dan kenalan untuk referensi. Ingatlah bahwa rujukan dari mulut ke mulut adalah beberapa petunjuk terkuat yang bisa Anda dapatkan. Seseorang yang menerima rekomendasi dari seseorang yang mereka kenal dan percayai kemungkinan besar akan mempekerjakan Anda.

6. Membangun Sistem Akuntansi

Sudahkah Anda memutuskan tarif Anda?

 Menetapkan tarif yang akan Anda kenakan kepada klien Anda adalah langkah penting dan bisa menjadi salah satu tugas paling menantang bagi copywriter baru. Perhatikan perubahan pesaing Anda sehingga Anda dapat menetapkan tarif yang realistis.

Saat menetapkan tarif Anda, penting untuk mempertimbangkan semua pengeluaran Anda. Apa yang perlu ditutupi oleh penghasilan Anda?

Sertakan sewa, utilitas, dan asuransi kesehatan serta semua tagihan pribadi dan bisnis lainnya. Ingatlah bahwa bisnis Anda perlu menutupi gaji Anda juga.

Mungkin tergoda untuk menetapkan tarif rendah pada awalnya untuk menarik klien sebanyak mungkin, tetapi pastikan tarif Anda berkelanjutan dalam jangka panjang.

Sekarang, setelah Anda mengatur semuanya dan mulai bekerja dengan klien, Anda perlu melacak pembayaran dan mengelola faktur. Sistem akuntansi apa yang paling cocok untuk Anda? Apakah Anda ingin menangani semua akuntansi secara manual?

Jika Anda ingin melacak semuanya secara manual, Anda dapat membuat faktur di Word atau Excel dan membuat sistem pengarsipan di komputer Anda.

 Untuk melakukan ini, pastikan Anda mengetahui semua dasar-dasar akuntansi bisnis kecil . Ada banyak alat daring yang dapat Anda gunakan juga. Freshbooks, Wave, dan Paypal merupakan rekan akuntansi yang baik untuk bisnis kecil.

Pikiran Akhir

Membangun bisnis copywriting Anda sendiri bisa menjadi tantangan karena berbagai alasan. Pandemi saat ini telah menciptakan lingkungan yang tidak stabil bagi banyak bisnis. Namun, itu juga menciptakan lahan subur untuk memulai bisnis copywriting.

Dengan semua langkah kesehatan masyarakat yang diterapkan, semua orang beralih ke internet untuk mendatangkan lebih banyak klien. Copywriter yang baik sangat diminati.

Jika Anda mengatur bisnis Anda sejak awal, mendapatkan klien dan meningkatkannya akan sangat mudah. Fokus pada peningkatan keterampilan Anda secara konstan dan bagikan pekerjaan Anda seluas mungkin.

Kami dari SEOPreneur juga melakukan hal yang sama dalam memulai bisnis Agency SEO Surabaya.

Anda akan terkejut betapa cepatnya Anda dapat membangun kehidupan impian Anda jika Anda memutuskan dan merencanakannya dengan baik.

Fire Up the Grill With Great Burgers

Mr. Koopi in how to
  ·   1 min read

How to Choose the Perfect Fragrance

Mr. Koopi in how to
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *